Thursday, March 30, 2006

Berita dan Demonstrasi, sebuah bentuk demokrasi?!?

Belakangan ini kalau nonton televisi, berita yang disiarkan kebanyakan merupakan berita tentang kriminal dan demonstrasi. Tentunya, selain berita-berita lain yang tidak kalah serunya.

Berita-berita tentang kriminalitas cenderung membuat kita semakin takut keluar rumah, dan was-was ketika berada di area publik, kejahatan sudah menjelma ke dalam bentuk-bentuk lain yang tidak akan pernah terpikirkan sebelumnya, hipnotis yang dulu sempat marak, kini nyaris hilang ditelan bumi, digantikan oleh aksi kekerasan dan kejahatan bersenjata api.

Di sisi lain, berita tentang maraknya demonstrasi terjadi dimana-mana, kasus freeport, kasus CPNS, guru bantu, bahkan yang terakhir adalah demonstrasi massal dari para rekan-rekan buruh kita.

Kebebasan menyajikan dan atau mengeluarkan pendapat yang merupakan salah satu pilar dari demokrasi semakin bebas saja. Hal ini tentunya akan membuka peluang ke arah kebebasan yang kebablasan. Apakah ini yang dahulu diharapkan ditegakkannya demokrasi?!? Sebuah pertanyaan yang belum bisa saya jawab.

Maaf, kalau tidak berkenan.

No comments: