Wednesday, February 16, 2005

Kemarin,...


Kemarin (15 februari 2005) saya ikut serta dalam Seminar Sehari bertajuk "Kompetensi dan Kualifikasi Lulusan Teknologi Pangan Unpad", saya mengambil peran sebagai peserta dan panitia sekaligus. Sebagai panitia karena saya ditugasi untuk menjadi MC (Master of Ceremony) alias pembawa acara, walaupun ini memang bukan yang pertama kalinya saya menjadi MC, namun kali ini sangat berkesan bagi saya. Saya menjadi seorang pembawa acara dalam sebuah kegiatan akademik untuk yang pertama kalinya, nggak tanggung-tanggung saya berhadapan langsung dengan 5 orang guru besar disana, hehehe. Ngeper juga sih.

Beberapa point penting yang disuguhkan dalam pembicaraan, khususnya diskusi antara mahasiswa dan staf pengajar serta elemen lain yang terkait (stakeholders) adalah kemampuan fresh graduate yang bisa bersaing di mata internasional dan sesuai dengan standar yang diminta oleh perusahaan/user. Kemampuan itu adalah kemampuan diluar tataran akademik, seperti manajerial skill, development potential skill (kemampuan untuk mengembangkan bakat potensial), dan tentunya adalah kemampuan untuk beradaptasi dengan dunia yang baru.

Saya semakin berbesar hati, karena kini saya beruntung, sudah bisa mendapatkan pengalaman kerja padahal saya belum lah menjadi seorang sarjana. Semoga saja kelak, ketika saya sah menjadi seorang sarjana, saya sudah memiliki persyaratan-persyaratan yang diminta oleh standar nasional dan internasional dari seorang fresh graduate. semoga,....

No comments: